Sabtu, 16 Maret 2013

"Pengen Menang Sendiri"

"Maka timbullah pertentangan diantara orang banyak karena Dia." 
(Yohanes 7 : 43)


Jika setiap orang mengikuti kebenarannya sendiri, yang ada hanyalah pertentangan demi pertentangan. Terlebih jika mereka menganggap bahwa kebenarannya sendirilah yang paling benar dan orang lain salah. Ada saja alasan yang dicari-cari untuk mempertahankan kebenarannya.

Yang menarik pula ketika orang bertahan dalam kebenarannya tetapi ada temannya yang mulai berpihak pada lawannya, ia bisa berkata seperti orang-orang Farisi, "Adakah kamu juga disesatkan?". Ternyata sungguh amat parah orang yang hidup didalam kebenarannya sendiri seperti orang-orang Yahudi dan Farisi. Mereka tidak lagi mendengarkan perkataan-perkataan Yesus, abai akan tanda-tanda yang dilakukanNya.

Sebagai orang yang beriman kepada Kebenaran Sejati, yaitu Yesus Kristus, kita pasti tidak ingin jatuh dalam situasi seperti orang-orang Farisi. Hidup dalam pembenaran-pembenaran diri bukan saja mengingkari Kebenaran Sejati tetapi juga mudah menyulut pertentangan diantara sesama. Semoga dengan menghayati tema APP tahun ini, kita semakin dijauhkan dari sikap yang demikian.

Apakah aku memiliki kecenderungan untuk bersikap "mau menang sendiri"? Dalam situasi apa hal itu mudah terlihat? Bagaimana caraku untuk semakin rendah hati dan membiarkan "Kebenaran Sejati" yang menguasai hidupku?


sumber : Ret-ret Agung Umat 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar