Jumat, 15 Maret 2013

"Bebas dan Dendam"

"Bukankah Dia ini yang mau mereka bunuh?" (Yohanes 7 : 25)


Bunuh-membunuh tampaknya menjadi warna yang kental dalam sejarah kehidupan manusia. Entah karena rasa dendam, entah karena perbedaan. Banyak alasan orang membunuh meskipun sesungguhnya tidak ada dan tidak boleh ada alasan apapun orang bisa menghilangkan nyawa orang lain.

Disadari atau tidak terkadang kehidupan orang beriman zaman kini pun tak luput dari rasa seperti orang-orang Yahudi. Dalam situasi itu, tepatlah jika kita merenungkan tema APP tahun ini, "Makin Beriman, Makin Bersaudara, Makin Berbelarasa". Melalui tema ini kita hendak diingatkan kembali bahwa seorang yang makin beriman pasti memiliki hati yang bebas permusuhan. Bebas benci dan dendam. Bagi orang yang makin beriman, sesama yang menyenangkan maupun yang kerap mudah melukainya, adalah ciptaan Allah yang tetap perlu disayangi meskipun untuk itu tidak mudah. Orang yang makin beriman tak kan bergeming untuk tetap ingin bersaudara sekalipun sikap tulus tak dianggap positif. Semakin orang memilki rasa bersaudara, pastilah semakin bertumbuh dan berkembang sikap belarasa terhadap kebutuhan sesama.

Sejauh manakah imanku membebaskan aku dari rasa benci terhadap sesama yang suka melukaiku? Jika ada orang yang kubenci, maukah aku membangun persaudaraan dengan orang yang sering tidak aku pedulikan??


sumber : Ret-ret Agung Umat 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar