Selasa, 19 Februari 2013

"Bagi Orang Beriman Mengampuni adalah Wajib"

"Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di surga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahamu." (Matius 6 : 14 - 15)

Hari ini Tuhan Yesus, yang menyelamatkan dengan mengampuni dosa-dosa kita, mengingatkan satu hal pokok dalam hidup kristiani, yaitu mau mengampuni. Pengampunan menjadi awal dan dasar hidup baru, relasi baru, kerajaan baru dan dunia baru didalam kasih Allah, yang selama ini hilang karena dosa.

Allah Bapa kita mengetahui bagaimana manusia hidup menderita karena dosa. Maka karena kasihNya Bapa berbela rasa dan merasa harus berbuat sesuatu untuk menyelamatkan manusia. Apa itu? Mengampuni. Dan pengampunan itu terjadi dalam darah Putra TunggalNya.

Dengan demikian pengampunan tidak mungkin terjadi tanpa pengorbanan. Maka sebagai murid Yesus, tidak ada pilihan lain. Kita harus mengikuti ajaran dan teladanNya, yaitu mau mengampuni, yang berarti juga mau berkorban. Mengapa? Karena mengampuni itu tidak mudah, ada perasaan berat seakan-akan terpaksa. Maka orang mengatakan bahwa mengampuni itu harus tulus, ikhlas, berjiwa besar dan legowo.

Masa prapaskah ini adalah kesempatan bagi kita untuk bertobat, untuk lebih dekat mengikuti Yesus dengan berbuat seperti Dia, yaitu peduli dan berbela rasa terhadap saudara-saudara yang membutuhkan maaf, pengampunan, perhatian dan bantuan.

Apakah saat ini masih ada orang yang belum saya maafkan, masih dongkol dan dendam dengannya? Nah sekarang saat yang tepat untuk meneladan Guru dan Penyelamat kita Yesus Kristus yaitu mengampuninya secara tulus.


sumber : Ret-ret Agung Umat 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar