Selasa, 13 Maret 2012

"Pintu Kedamaian"

"Apakah Tuhan menciptakan sebagian manusia dengan kepribadian jahat?"

"Apakah salah saya menaruh kebencian terhadap orang - orang tertentu yang selalu menjahati saya?" tanyanya lebih lanjut.

Mata semua peserta terarah pada pendamping seminar.

"Saya tahu pasti oknum yang engkau maksud," potong seorang laki-laki sambil mengedipkan mata penanya.

"Apakah saya boleh mendengar 1 perbuatan jahatnya?"

"Saya bisa menyebutkan 100 perbuatan jahatnya!" ujarnya diikuti suara riuh peserta.

"Perkenankan saya mengajukan tiga pertanyaan," kata pembicara.

"Kapan saudara-saudari tersenyum kepadanya terakhir kali?"

Sebagian peserta menundukan kepala untuk menyembunyikan ketersipuan wajahnya.

"Kapan saudara-saudari berbicara terakhir kali dengannya?"

Kepala sebagian besar peserta semakin tertunduk.

"Kapan saudara-saudari tanpa sikap menghakimi mengenai pribadi tersebut?"

Ruang seminar seketika berteman keheningan.

"Senyum, sapaan, dan sikap positif adalah pintu - pintu perdamaian dengan sesama. Paras cemberut, sikap mendiamkan dan menghakimi menyebabkan kita kehilangan sesama".


Sumber : Mutiara Andalas, S.J. Just For You. Yogyakarta : Kanisius 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar