Jumat, 21 September 2012

"Belas Kasihan"

"Yang kuhendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."

Deni dan Ari adalah teman yang sangat dekat. Mereka berdua berkenalan ketika masuk SMP. Keduanya memiliki sifat yang berbeda. Deni dikenal sebagai anak yang pendiam di sekolahnya. Teman-teman yang lain menganggap dia aneh karena sifatnya yang pendiam dan menyendiri. Mereka juga menjauhi dia. Sedangkan Ari adalah anak yang sangat periang dan memiliki banyak teman. Banyak teman mereka yang bingung dan bertanya-tanya,

"Mengapa Ari mau berteman dengan Deni yang aneh itu?.

Tetapi Ari menjawab mereka semua bahwa kita tidak boleh membeda-bedakan oranng dan orang seperti Deni lah yang harus kita kasihi dan dekati.

Diadalm kehidupanNya, Yesus lebih banyak berteman dengan orang-orang yang terkucilkan. Ia bahkan menjadikan Matius sang pemungut cukai menjadi muridNya yang oleh orang Yahudi dan kaum Farisi dianggap bahwa para pemungut cukai merupakan teman dari penjajah dan memeras uang dari orang Yahudi. Tetapi Yesus malah merangkul mereka dan mau makan bersama-sama mereka. Yesus menjawab cemoohan orang-orang bahwa Ia datang untuk orang berdosa bukan orang yang benar.

Siapakah yang akan kita ikuti, Ari yang menjadi teman Deni yang dijauhi oleh teman-temannya atau seperti teman-teman yang lain yang menjauhi Deni?

sumber : Renungan Harian dan Pendalaman Iman BKSN 2012. Komisi KKS dan Komisi Kateketik KAJ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar