Sabtu, 01 Desember 2012

"Nama Gembel"

Bagi saya, empat lilin yang ada dalam setiap korona adven di setiap Gereja Katolik mempunyai istilah, yakni NAMA GEMBEL. Apa itu? Sebuah singkatan dari nama-nama tiap lilin adven tersebut : Nabi-nabi, Malaikat, Gembala, Betlehem.

Nabi-Nabi
Lilin pertama adalam masa advent kerap dikenal sebagai lilin Nabi. Nabi, dalam hal ini Yohanes Pembaptis, membawa pesan pertobatan. Dalam tradisi Yahudi dan Kristen, nabi adalah pemimpin umat yang dipanggil Allah untuk memperingati umat agar tidak menyimpang dari perintah-perintah allah.

Malaikat
Lilin kedua dalam masa advent kerap dikenal sebagai lilin Malaikat. Malaikat adalah mahkluk ciptaan Allah yang bersifat gaib, diciptakan dari nur (cahaya), selalu taat, tunduk dan patuh kepada Allah, tidak pernah ingkar janji kepadaNya.

Gembala
Lilin ketiga dalam masa advent kerap dikenal sebagai lilin Gembala. Gembala mengajak kita untuk bersaksi. Menurut tradisi kuno, disitulah malaikat memberitakan kelahiran Yesus kepada para gembala.

Betlehem
Lilin keempat dalam masa advent kerap dikenal sebagai lilin Betlehem. Betlehem mengajak kita untuk berbagi. Betlehem adalah kota mungil di daerah Yudea.

Sekarang untuk memasuki tempat Yesus dilahirkan dalam gereja tua tersebut, para peziarah, siapa pun dia, harus merendahkan diri karena pintu masuknya sungguh sempit dan pendek. Para penghuni Betlehem menamakan pintu ini sebagai Pintu Kerendahan Hati karena orang harus tunduk merendahkan diri untuk melaluinya. Bukankah juga, Sabda Allah telah menjadi seorang anak kecil bagi manusia, manusia pun harus berusaha menjadi kecil di hadapan Allah?

"Semoga dengan masa adven, kita semakin berani untuk setia bertobat, berdoa, bersaksi dan tak lupa juga berbagi. Ya, semoga demikian adanya."

sumber : Jost Kokoh, Pr. Beriman Bersama Maria. Yogyakarta : Kanisius 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar